12 Mei 2010

SETRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PASIEN ARN DENGAN DIAGNOSA SNH TERHADAP DENGAN TINDAKAN ROM PASIF

SETRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN PASIEN ARN DENGAN DIAGNOSA SNH TERHADAP DENGAN TINDAKAN ROM PASIF


Nama pasien : ARN
Diagnose medis : SNH
Ruang : Mawar
1. Kondisi pasien
a. Alasan MRS
Klien dating dengan keluhan lemah separuh tubuh bagian kiri sejak 4 hari yang lalu saat bangun dari tempat tidur. Keluhan ini disertai dengan muntah, nyeri kepala dan suara tiba- tiba pelo
TTV
RR : 22x/menit Suhu : 36,5 oC
Nadi : 80 x/menit TD : 110/70 mmHg
b. Data focus
Data subjektif
- Mengeluh merasa lemah separuh tubuh bagian kiri
Data obyektif
- GCS : E = 4, V=5, M=6
- Parase N VII Sinistra, parase N XII Sinistra
- Tonus
555 332
555 332
N ↓
N ↓
2. Diagnose Keperawatan
Kerusakan mobilitas fisik berhubungan dengan kelemahan otot ditandai dengan klien tidak mampu menggerakkan tangan dan kaki kiri secara optimal.
3. Tujuan
Setelah diberikan tindakan 1x15 menit selama 3 hari diharapkan kekuatan otot klien membaik secara perlahan-lahan.
4. Tindakan Keperawatan
Melatih ROM Pasif
5. SOP tindakan terlampir.


STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN

1. Tahap Orientasi
Selamat sore bapak…. Bagaimana keadaan bapak sore ini, perkenalan saya mahasiswa STIKES Wira Medika yang praktek hari ini, apakah bapak masih merasakan lemas pada tangan dan kaki ? Kalau masih terasa saya akan memberikan latihan pada tangan dan kaki bapak . Latihan ini bertujuan supaya bisa pelan-pelan digerakkan dan berfungsi normal. Tindakan ini akan berlangsung ± 5-10 menit. Saya mohon kejasamanya ya bapak agar tindakan ini bisa berjalan dengan lancar. Kita akan lakukan di tempat tidur ini ya .

2. Tahap kerja
Sebelumnya saya sampaikan kalau saya telah mencuci tangan. Mungkin sebelum saya mulai , apakah bapak ada pertanyaan ? Jika tidak ada saya akan mulai latihannya. Baiklah bapak saya akan menutup pintunya supaya latihannya lebih nyaman. Bapak tetap dalam posisi terlentang. Sekarang saya bengkokkan siku hingga jari-jari tangan menyentuh dagu kemudian luruskan kembali. Bapak saya genggam tangannya ya dan saya putar ke bawah, kemudian saya akan genggam telapak dengan satu tangan, dan saya pegang lengan bawah bapak ya dan saya akan bengkokkan pergelangan tangan bapak ke depan ini dilakukan 3x berulang-ulang ya. Karena sudah selesai di tangan sekarang baru saya lakukan di bagian kaki. Angkat kaki bapak dan bengkokkan lututnya dan gerakan mendekati dada pelan-pelan kemudian turunkan datar di kasur seperti semula.Ini dilakukan berulang-ulang 3x ya pak

3. Terminasi
S : Bagiaman perasaan bapak setelah latihan tadi
O: Klien tampak lelah .
Tindak lanjutnya : Bapak latihan ini bisa dilatih oleh keluarga untuk mempercepat kesembuhan tangan dan kaki bapak


4. Kontrak yang akan datang
Baik latihan hari ini sudah cukup nanti bapak bisa latihan dengan dibantu oleh keluarga. Saya akan dating lagi ke ruangan ini untuk memberikan obat minum. Terima kasih, selamat sore .

Tidak ada komentar: