2.3.1. Pengertian
Terapi Aktifitas Kelompok (TAK) : Sosialisasi (TAKS) adalah upaya memfasilitasi kemampuan sosialisasi sejumlah klien dengan masalah hubungan sosial.
2.3.2. Tujuan
1 Tujuan Umum
Tujuan umum TAKS, klien dapat meningkatkan hubungan sosial dalam kelompok secara bertahap
2 Tujuan Khusus
Tujuan Khususnya adalah :
a Klien mampu memperkenalkan diri
b Klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok
c Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok
d Klien mampu menyampaikan dan membicarakan topik pembicaraan
e Klien mampu menyampaikan dan membicarakn masalah pribadi pada orang lain
f Klien mampu bekerjasama dalam permainan sosialisasi kelompok
g Klien mampu menyampaikan pendapat tentang manfaat kegiatan TAKS yang telah dilakukan.
2.3.3. Indikasi
Klien yang mempunyai indikasi TAKS adalah klien dengan gangguan hubungan sosial sebagai berikut:
6. Klien menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal
7. Klien kerusakan komunikasi verbal yang telah berespons sesuai dengan stimulus
2.3.4. Aktifitas
Aktifitas TAKS dilakukan tujuh sesi yang melatih kemampuan sosialisasi klien. Ketujuh sesi tersebut yaitu:
TAKS Sesi 1
1. Tujuan
Klien mampu memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, asal, dan hobi.
2. Setting
a Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
b Ruangan nyaman dan tenang
3. Alat
a Tape recorder
b Kaset
c Bola tenis
d Buku catatan dan pulpen
e Jadwal kegiatan klien
4. Metoda
a Dinamika kelompok
b Diskusi dan tanya jawab
c Bermain peran/simulasi
5. Langkah kegiatan
a Persiapan
1) Memilih klien dengan indikasi yaitu menarik diri
2) Membuat kontrak dengan klien
3) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
b Orientasi
Pada tahap ini terapis melakuakn:
1) Memberi salam terpaeutik: salam dari terapis.
2) Evaluasi/validasi: Menanyakan perasaan klien saat ini
3) Kontrak:
a) Menjelaskan tujuan kegiatan yaitu memperkenalkan diri
b) Menjelaskan aturan main berikut :
• Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta ijin kepada terapis.
• Lama kegiatan 45 menit
• Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal samapai selesai.
c Tahap kerja
1) Jelaskan kegiatan, yaitu kasaet pada tape recorder akan dihidupka serta boala akan diedarkan.berlawanan dengan arah jarum jam (yaitu ke arah kiri) dan pada saat tape dimatikan maka anggota kelompok yang memegang bola memperkenalkan diri.
2) Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam
3) Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang boal mendapat giliran untuk menyebutkan : salam, nama lengkap, nama panggilan, hobi, dan asal, dimulai oleh terapis sebagai contoh
4) Tulis nama panggilan pada kertas/papan nama dan tempel/pakai
5) Ulangi tiga langkah terakhir samapai semua anggota kelompok mendapat giliran.
6) Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
d Tahap terminasi
1) Evaluasi
a) Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
b) Memberi pujian atas keberhasilan kelompok
2) Rencana tindak lanjut
a) Menganjurkan tiap anggota kelompok melatih memperkenalkan diri kepada orang lain di kehidupan sehari-hari.
b) Memasukkan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien
3) Kontrak yang akan datang
a) Menyepakati kegiatan berikut yaitu berkenalan dengan anggota kelompok
b) Menyepakati waktu dan tempat
6. Evaluasi dan Dokumentasi
a Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat Proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja untuk menilai kemampuanklien sesuai dengan tujuan TA. Untuk TAKS sesi 1 dievaluasi kemampuan klien memperkenalkan diri secara verbaldan non verbal menggunakan formulir evaluasi berikut :
Sesi 1 : TAKS
Kemampuan memperkenalkan diri
a. Kemamapuan verbal
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Menyebutkan nama
2 Menyebutkan nama panggilan
3 Menyebutkan asal
4 Menyebutkan hobi
Jumlah
b. Kemampuan non verbal
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal asmapai akhir
Jumlah
Petunjuk :
1. Dibawah nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAK
2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda “√ “ jika ditemukan pada klien atau tanda “X”jika tidak ditemukan pada klien
3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan, jika nilai 3 atau 4 klien mampu dan jika nilai 0,1, atau 2 klien belum mampu
b Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika melakukan TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, klien mengikuti sesi 1 TAKS, klien mampu memperkenalkan diri secara verbal dan nonverbal, dianjurkan klien memperkenalkan diri pada klien lain di ruang rawat (buat jadwal)
TAKS Sesi 2
1. Tujuan
Klien mampu berkenalan dengan anggota kelompok :
a Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, asal, dan hobi.
b Menanyakan diri anggota kelompok lain : nama lengkap, nama panggilan, asal, dan hobi.
2. Setting
a Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
b Ruangan nyaman dan tenang
3. Alat
a Tape recorder
b Kaset
c Bola tenis
d Buku catatan dan pulpen
e Jadwal kegiatan klien
4. Metoda
a Dinamika kelompok
b Diskusi dan tanya jawab
c Bermain peran/simulasi
5. Langkah kegiatan
a. Persiapan
• Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 1 TAKS
• Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
b. Orientasi
Pada tahap ini terapis melakuakan:
1) Memberi salam terpaeutik: salam dari terapis.
a) Salam dari terpis
b) Peserta dan terpis memakai papan nama
2) Evaluasi/validasi
a) Menanyakan perasaan klien saat ini
b) Menanyakan apakah telah mencoba memperkenalkan diri pada orang orang lain
3) Kontrak:
a) Menjelaskan tujuan kegiatan dengan anggota kelompok
b) Menjelaskan aturan main berikut :
• Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta ijin kepada terapis.
• Lama kegiatan 45 menit
• Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
c. Tahap kerja
1) Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam
2) Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk :
a) Menyebutkan : salam, nama lengkap, nama panggilan, hobi, dan asal
b) Menanyakan nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi lawan bicara
c) Dimulai oleh terapi sebagai contoh
3) Ulangi langkah 1 dan 2 sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.
4) Hidupkan kembali kaset tape recorder dan edarkan bola. Pada saat tape dimatikan, minta pada anggota kelompok yang memegangbola untuk memperkenalkan anggota kelompok yang disebelah kanannya kepada kelompok, yaitu : nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi. Dimulai dari terapis sebagai contoh.
5) Ulangi langkah keempat sampai semua anggota kelompok mendapat giliran
6) Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
d. Tahap terminasi
1) Evaluasi
a) Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
b) Memberi pujian atas keberhasilan kelompok
2) Rencana tindak lanjut
a) Menganjurkan tiap anggota kelompok latihan berkenalan
b) Memasukkan kegiatan memperkenalkan diri pada jadwal kegiatan harian klien
3) Kontrak yang akan datang
1) Menyepakati kegiatan berikut yaitu bercakap cakap tentang kehidupan pribadi
2) Menyepakati waktu dan tempat
6. Evaluasi dan Dokumentasi
a. Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat Proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS sesi 2 dievaluasi kemampuan klien berkenalan secara verbal dan non verbal menggunakan formulir evaluasi berikut:
Sesi 2 : TAKS Kemampuan berkenalan
b. Kemampuan verbal
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Menyebutkan nama lengkap
2 Menyebutkan nama panggilan
3 Menyebutkan asal
4 Menyebutkan hobi
5 Menanyakan nama lengkap
6 Menanyakan nama panggilan
7 Menanyakan asal
8 Menanyakan hobi
Jumlah
c. Kemampuan non verbal
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah
Petunjuk :
1. Dibawah nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS
2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda “√ “ jika ditemukan pada klien atau tanda “X”jika tidak ditemukan pada klien
3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan, jika nilai ≥ 6; disebut mampu dan jika nilai ≤ 5 klien belum mampu. Kemampuan non berbal jika nilai 3 atau 4 disebut mampu dan jika nilai ≤ 2 klien belum mampu
c Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan klien ketika melaksanakan TAKS pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, jika nilai klien 7 untuk verbal dan 3 untuk non verbal, catatan keperawatan adalah : klien mengikuti TAKS Sesi 2, klien mampu berkenalan secara verbal dan non verbal anjurkan klien berkenalan dengan klien lain, buat jadwal.
TAKS Sesi 3
1. Tujuan
Klien mampu bercakap-cakap dengan anggota kelompok :
a. Menanyakan kehidupan pribadi kepada satu oarng anggota kelompok yang lain.
b. Menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi.
2. Setting
a. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
b. Ruangan nyaman dan tenang
3. Alat
a. Tape recorder
b. Kaset
c. Bola tenis
d. Buku catatan dan pulpen
e. Jadwal kegiatan klien
4. Metoda
a. Dinamika kelompok
b. Diskusi dan tanya jawab
c. Bermain peran/simulasi
5. Langkah kegiatan
a. Persiapan
1) Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 2 TAKS
2) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
b. Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan:
1) Memberi salam terapeutik: Salam dari terapis
2) Peserta dan terapis memakai papan nama
3) Evaluasi/validasi
• Menanyakan perasaan klien saat ini
• Menanyakan apakah telah mencoba berkenalan dengan orang lain
c. Kontrak:
1) Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu bertanya dan menjawab tentang kehidupan pribadi.
2) Menjelaskan aturan main berikut :
• Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta ijin kepada terapis.
• Lama kegiatan 45 menit
• Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
6. Tahap kerja
a. Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam
b. Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk bertanya tentang kehidupan pribadi anggota kelompok yang ada disebelah kanan dengan cara :
7) Memberi salam
8) Memanggil panggilan
9) Menanyakan kehidupan pribadi ; orang terdekat/dipercayai/disegani, pekerjaan.
10) Dimulai oleh terapi sebagai contoh
c. Ulangi langkah 1 dan 2 sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.
d. Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
e. Tahap terminasi
1) Evaluasi
a) Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
b) Memberi pujian atas keberhasilan kelompok
4) Rencana tindak lanjut
a) Menganjurkan tiap anggota kelompok bercakap-cakap tentang kehidupan pribadi dengan orang lain pada kehidupan sehari-hari.
b) Memasukkan kegiatan bercakap-cakap pada jadwal kegiatan harian klien
5) Kontrak yang akan datang
a) Menyepakati kegiatan berikut yaitu menyampaikan dan membicarakan topik tertentu.
b) Menyepakati waktu dan tempat
6. Evaluasi dan Dokumentasi
a. Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat Proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS sesi 3 dievaluasi kemampuan verbal dalam bertanya dan menjawab pada saat bercakap-cakap serta kemampuan non verbal menggunakan formulir evaluasi berikut :
Sesi 3 : TAKS Kemampuan bercakap-cakap
a. Kemampuan verbal : Bertanya
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Mengajukan pertanyaan yang jelas
2 Mengajukan pertanyaan yang ringkas
3 Mengajukan pertanyaan yang relevan
4 Mengajukan pertanyaan secara spontan
Jumlah
b. Kemampuan verbal : Menjawab
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Menjawab dengan jelas
2 Menjawab dengan ringkas
3 Mengajukan pertanyaan yang relevan
4 Menjawab dengan spontan
Jumlah
c. Kemampuan non verbal
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah
Petunjuk :
1. Dibawah nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS
2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda “√ “ jika ditemukan pada klien atau tanda “X”jika tidak ditemukan pada klien.
Jumlahkan kemampuan yang ditemukan, jika nilai 3 atau 4 disebut mampu dan jika nilai ≤ 2 klien disebut belum mampu.
TAKS Sesi 4
1. Tujuan
Klien mampu menyampaikan toppik pembicaraan tertentu dengan anggota kelompok :
a. Menyampaikan topik yang ingin dibicarakan
b. Memilih topik yang ingin dibicarakan
c. Memberi pendapat tentang topik yang dipilih
2. Setting
a. Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran
b. Ruangan nyaman dan tenang
3. Alat
a. Tape recorder
b. Kaset
c. Bola tenis
d. Buku catatan dan pulpen
e. Jadwal kegiatan klien
f. Fliphchart/Whiteboard dan spidol
4. Metoda
a Dinamika kelompok
b Diskusi dan tanya jawab
c Bermain peran/simulasi
5. Langkah kegiatan
a Persiapan
1) Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 3 TAKS
2) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan
b Orientasi
Pada tahap ini terapis melakuakn:
1) Memberi salam terpaeutik:
• Salam dari terapis
• Peserta dan terapis memakai papan nama
2) Evaluasi/validasi
• Menanyakan perasaan klien saat ini
• Menanyakan apakah telah melakukan latihan bercakap-cakap dengan orang lain
3) Kontrak:
a) Menjelaskan tujuan kegiatan dengan anggota kelompok yaitu menyampaikan, memilih dan memberi pendapat tentang topik percakapan.
b) Menjelaskan aturan main berikut :
• Jika ada klien yang akan meninggalkan kelompok harus meminta ijin kepada terapis.
• Lama kegiatan 45 menit
• Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal samapai selesai.
c. Tahap kerja
1) Hidupkan kaset pada tape recorder dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam
2) Pada saat tape dimatikan anggota kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyampaikan topik yang ingin disampaikan, dimulai dari terapis sebagai contoh misalnya, “cara bicara yang baik” atau “cara mencari teman.”
3) Tuliskan pada Flipchart/whiteboard topi9k yang disampaikan secara berurutan.
4) Ulangi langkah 1,2 dan 3 sampai semua anggota kelompok mendapat giliran menyampaikan topik yang ingin dibicarakan.
5) Hidupkan kembali kaset tape recorder dan edarkan bola. Pada saat tape dimatikan, minta pada anggota kelompok yang memegang bola memilih topik yang disukai untuk dibicarakan dari daftar yang ada.
6) Ulangi langkah keempat sampai semua anggota kelompok memilih topik.
7) Terapis membantu menetapkan topik yang paling banyak dipilih.
8) Hidupkan kembali kaset tape recorder dan edarkan bola. Pada saat tape dimatikan, minta pada anggota kelompok yang memegang bola menyampaikan tentang topik yang dipilih.
9) Ulangi poin 8 sampai semua anggota kelompok mendapat giliran.
10) Beri pujian untuk setiap keberhasilan anggota kelompok dengan memberi tepuk tangan.
d. Tahap terminasi
1) Evaluasi
• Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
• Memberi pujian atas keberhasilan kelompok
2) Rencana tindak lanjut
• Menganjurkan tiap anggota kelompok bercakap-cakap tentang topik tertentu dengan orang lain
• Memasukkan kegiatan bercakap-cakap pada jadwal kegiatan harian klien
3) Kontrak yang akan datang
• Menyepakati kegiatan berikutnya yaitu menyampaikan dan membicarakan masalah pribadi.
• Menyepakati waktu dan tempat
6. Evaluasi dan Dokumentasi
a. Evaluasi
Evaluasi dilakukan pada saat Proses TAK berlangsung, khususnya pada tahap kerja. Aspek yang dievaluasi adalah kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK. Untuk TAKS sesi 4 dievaluasi kemampuan verbal menyampaikan, memilih,dan memberi pendapat tentang topik percakapan serta kemampuan non verbal menggunakan formulir evaluasi berikut :
Sesi 4: TAKS
a. Kemampuan verbal : menyampaikan topik
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Menyampaikan topik yang jelas
2 Menyampaikan topik secara ringkas
3 Menyampaikan topik yang relevan
4 Menyampaikan topik secara spontan
Jumlah
b. Kemampuan verbal : Memilih topik
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Memilih topik dengan jelas
2 Memilih topik secara ringkas
3 Memilih topik yang relevan
4 Memilih topik secara spontan
Jumlah
c. Kemampuan verbal : Memberi pendapat
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Memberi pendapat dengan jelas
2 Memberi pendapat secara ringkas
3 Memberi pendapat yang relevan
4 Memberi pendapat secara spontan
Jumlah
d. Kemampuan non verbal
No Aspek yang dinilai Nama klien
1 Kontak mata
2 Duduk tegak
3 Menggunakan bahasa tubuh yang sesuai
4 Mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
Jumlah
Petunjuk :
1. Dibawah nama klien, tulis nama panggilan klien yang ikut TAKS
2. Untuk tiap klien, semua aspek dimulai dengan memberi tanda “√ “ jika ditemukan pada klien atau tanda “X”jika tidak ditemukan pada klien
3. Jumlahkan kemampuan yang ditemukan, jika nilai 3 atau 4 disebut mampu dan jika nilai ≤ 2 klien belum mampu.
b. Dokumentasi
Dokumentasikan kemampuan yang dimiliki klien ketika melakukan TAK pada catatan proses keperawatan tiap klien. Misalnya, nilai verbal menyampaikan dan memilih topik 2, kemampuan menjawab 2, kemampuan memberi pendapat 2, dan kemampuan nonverbal 2. oleh karena itu maka catatan keperawatan adalah klien mengikuti TAKS sesi 4, klien mampu memilih dan topik dan menyampaikan topik percakapan tetapi belum mampu memberi pendapa. Secara non verbal juga belum mampu. Dianjurkan klien latihan bercakap-cakap dengan topik tertentu di ruangan (buat jadwal).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar